Percetakan Offset atau Offset Printing

Offset printing merupakan metode percetakan dengan gambar bertinta, lalu ditransfer terlebih dahulu dari plat ke dalam lembaran karet yang kemudian dicetak di permukaan media yang akan dicetak.

Untuk membuat produk menggunakan teknik percetakan offset atau offset printing terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui.

Pada tahapan pertama adalah File Design diikuti dengan persiapan repro film.
Sesudah selesai desain dan siap untuk di output pembuatan film. 
Lalu tahap berikutnya sesudah film selesai, dilanjutkan dengan merekam plat. 
Rekam plat ialah hasil dari film repro akan direkam menggunakan teknik yang sama seperti fotokopi, pada sebuah materi yang berbentuk plat alumunium untuk dipasang pada mesin offset printing.

Lalu siapkan kertas yang akan dicetak, macam macam warna tinta, fountain, alkohol, dan lain sebagainya. Sesudah bahan-bahan lengkap, proses offset printing bisa dimulai.

Proses Cetak Offset Printing

Dalam proses mencetak ini, awalnya mempersiapkan plat yang sudah ada desainnya dan dipasang pada mesin cetak. 
Persiapkan bahan-bahan dan peralatan lain seperti kertas dan tinta.
 
Plat dipasang pada bagian atas roll yang terdapat di bawah mesin, sedangkan untuk kertas sendiri dipasang pada bagian bawah roll, sementara tinta dipasang di tempatnya sesuai warna yang diinginkan. 

Proses Finishing Offset Printing

Di tahap akhir percetakan offset ialah potong kertas berdasarkan ukuran yang diperlukan atau cukup merapikan bagian pinggir kertasnya saja. 

setelah selesai proses cetak mesin apabila diperlukan hiasan sesuai kebutuhan, seperti membubuhkan embossed yakni dengan menghiasi kertas memakai gambar timbul atau tulisan. 



Chat with Us

Hubungi Kami

Jasa Indah
Jakarta Barat

Telp : -
Fax : -